Minggu, 07 Juni 2015

TUGAS ARTIKEL 4



Chimp: Robot Humanoid untuk Penanggulangan Bencana
Juni 2015 akan digelar kompetisi robot humanoid di Pomona, California. Bukan sebuah kompetisi robot sembarangan, kompetisi berjudul DARPA Robotics Challenge Finals 2015 ini akan diikuti oleh 25 robot humanoid dari berbagai perusahaan pembuat robot dan bahkan universitas-universitas ternama. Robot-robot tersebut saling berkompetisi untuk membantu manusia dalam menghadapi sebuah situasi bencana. Berbagai rintangan seperti menaiki tangga, menjebol tembok, bahkan mengendarai sebuah Tanggal 5-6 kendaraan harus mereka lakukan untuk saling berebut hadiah uang tunai senilai total US$ 3,5 juta.
Salah satu peserta yakni dari Carnegie Mellon University membuat sebuah robot yang mereka beri nama Chimp. Chimp dilengkapi enam kamera di atas kepalanya sehingga memungkinkan operator memiliki pandangan seluas 360o. Kaki robot ini tidak digunakan untuk melangkan, namun para insinyurnya menggunakan roda yang mirip dengan kendaraan tank. Menariknya, Chimp mampu mengidentifikasi adanya valve melalui kameranya serta mengoperasikan valve tersebut.
“Tantangan terbesar membuat robot humanoid adalah keseimbangan.”, ungkap Clark Haynes, selaku kepala divisi software, namun tin engineer mendesain robot ini sehingga ia memiliki keseimbangan static dan tidak memerlukan algoritma khusus untuk menjaga keseimbangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar